Senin, 21 Juni 2010

DUMMY ALARM

DUMMY ALARM
Alarm tiruan ini adalah proyek membuat suatu DPC [DIODE PEMANCAR CAHAYA] kilat yang singkat sekali untuk meniru indikator terang suatu alarm riil. Sirkit dirancang sangat kecil untuk memperpanjang hidup baterai sehingga dapat ditinggalkan. Tombol on/off tidak digunakan tetapi bisa ditambahkan jika kita ingin.
7555 pengatur waktu IC adalah suatu tenaga versi rendah yang menyangkut standard 555 pengatur waktu. Superbright DPC [DIODE PEMANCAR CAHAYA] merah digunakan pada proyek ini sebab dapat menimbulkan cahaya kilat terang. Total rata-rata waktu yang digunakan untuk sirkit kurang dari 0.2mA. Dengan versi sangat rendah ini, satu set 3 AA sel bersifat alkali cukup untuk beberapa bulan, barangkali sepanjang satu tahun.
Sirkit akan bekerja dengan standard 555 pengatur waktu IC tetapi ini akan meningkatkan rata-rata menjadi sekitar 2mA dan hidup baterei akan jauh lebih lebih pendek. Kita dapat menggunakan suatu voltase yang lebih besar (15V) karena sirkit ini memiliki 1k resistor untuk DPC [DIODE PEMANCAR CAHAYA] yang harus ditingkatkan untuk menyimpan DPC [DIODE PEMANCAR CAHAYA] arus yang rendah pada sekitar 3mA.

Alat - alat :
1. resistor: 1k, 10k, 680k
2. kapasitor: 10µF radial
3. DPC [DIODE PEMANCAR CAHAYA]: superbright merah, 5mm garis tengah
4. 7555 [kuasa/ tenaga] pengatur waktu rendah IC
5. 8-PIN DIL stop kontak untuk IC
6. klip baterei
7. 4.5V bak aki untuk 3 AA sel
8. stripboard: 8 baris× 16 lubang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar