Sabtu, 17 April 2010

Gelombang Elektromagnetik


Gelombang elektromagnetik ditemukan oleh Heinrich Hertz dan termasuk dalam gelombang transversal (gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah rambatannya. Satu gelombang terdiri atas satu lembah dan satu bukit, misalnya seperti riak gelombang air, benang yang digetarkan, dsb.)

Kalian pasti pernah kan meletakkan hp di dekat TV? Apakah kalian pernah menyadari apabila hp tersebut menerima atau mengirim telepon/sms gambar yang ada di TV yang berada di dekat hp tersebut goyang atau istilah lainnya "penuh dengan semut"?


Saya punya alasannya..hehe
Untuk menghasilkan atau menampilkan sebuah gambar yang biasa kita lihat pada layar televisi, sel-sel gambar (pixel) harus ditembak menggunakan atom sinar katoda yang berasal dari tabung layar yang rangkaiannya berada pada ujung tabung layar. Sinar-sinar katoda ini bila mengenai pixel maka membuat pixel akan berpendar atau menyebar dan secara keseluruhan akan menghasilkan gambar yang setiap hari bisa kita di televisi.

Sinar katoda dapat berubah arah jika terdapat pengaruh medan magnet, termasuk gelombang elektromagnet. Naaaah saat hp kita mengirim dan menerima panggilan/sms hp yang kita letakan dekat dengan tv akan menghasilkan gelombang elektromagnet yang cukup kuat sehingga otomatis akan mempengaruhi arah sinar katoda yang ditembakkan dari tabung layar ke permukaan layar yang berisi pixel. Gelombang elektromagnetik ini mengakibatkan sinar katoda yang seharusnya menuju ke permukaan layar dibelokkan arahnya, sehingga sinar jatuh tidak tepat ke pixel atau berada diluar pixel yg seharusnya. Teman-teman saat itulah kita melihat layar tv kita seperti bergetar atau penuh dengan semut. Wahwahwah


sekian

2 komentar:

  1. Thanks,kamsahamnida buat infonya~!!^^
    Baru tau trnyata krja gelombang elektromagnetik tuh kyak gitu^^

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus