Senin, 12 April 2010

R.A.L.A.T ! "Suhu"



Menyadari kurangnya sinergitas atas koreksi Pak Rudy antara panas suhu matahari Palangka Raya dan daya tahan tubuh kita mendorong saya untuk me-re-post riset dan tulisan saya kembali di blog saya ini dan semoga kali ini akan sedikit lebih baik dari sebelumnya:).

Masih menyangkut dengan suhu kota Palangka Raya yang "menggila" siang ini tetap memberikan saya inspirasi untuk tetap mengkaji riset tentang suhu milik saya kali ini.

Sekitar pukul 12 siang tadi saya diberikan mandat untuk menjemput adik saya di sekolah.. Meskipun saya sudah menggunakan jaket, masih saja saya merasakan panas yang teramat sangat..hehe. Cuaca Palangka Raya yang panas membuat saya berpikir untuk cepat kembali pulang ke rumah yang sejuk setelah saya menjemput adik saya tentunya..huuft

Memasuki teras rumah bagaikan titik awal kesejukan dimulai, saya bergegas memasuki my room-sweet-room. HUUUUA! Suhu udara panas di luar ruangan tadi hilang seketika menjadi sangat dingin dan sejuk, benar-benar nikmatnya dunia! Suhu kamar yang dingin yang diakibatkan pendingin udara begitu kontras dengan suhu di luar ruangan yang dipancarkan matahari siang Palangka Raya. Ketika itu jika diukur pada termometer mungkin termometer yang awalnya menunjukan angka tinggi tiba-tiba langsung menyusut ke bawah, sangat jelas terasa perbedaan suhu di dalam dan di luar ruangan.

"matahari vs ac"..hehe, bagaimanapun tetap saja matahari yang menang. Pendingin udara di kamar membuat termometer bergerak turun sementara suhu yang di pancarkan matahari membuat air raksa pada termometer naik.

Puas saya berleha-leha di kamar tersebut, saya mencoba melakukan pengukuran suhu menggunakan termometer sederhana dan hasil yang didapat adalah suhu di luar ruangan adalah 32 derajat Celcius dan di kamar suhu yang didapat adalah 19 derajat Celcius.

Wow, terdapat perbedaan suhu yang cukup signifikan antara di dalam dan di luar ruangan.

Sekian riset tentang pengukuran suhu saya.

4 komentar:

  1. :D .... saya lihat masih kurang menukik penjelasan harry ... apakah perbedaan suhu tersebut karena ada AC atau karena memang arsitektur kamar Harry yang sejuk ...

    sepertinya Harry masih suka memberi deskripsi sementara analisisnya masih belum tajam, tidak perlu dipertajam dengan mengirimkan alamat tapi cukup diperbaharui saja tulisan yang pertama dikaitkan dengan riset yang kedua ini ya :D ...

    BalasHapus
  2. sangat menarik . .
    Good work . . !!

    BalasHapus
  3. terima kasih atas masukannya all

    BalasHapus