Minggu, 20 Maret 2011

Pistol Crab : Widih!




Ternyata bukan cuma polisi yang punya pistol, Alpheus Saxidomus adalah kepiting yang juga mempunyai pistol . Sebenarnya pistol disini adalah karena bentuk capitnya yang menyerupai pistol (tapi menurut saya kok kaya canon nya Megaman ya? ). Kalau biasanya kita ngeliat Mr. Crab naaah saatnya kita tahu kalau Mr. Crab punya saudara yang hebat kaya gini..






Tidak seperti kepiting lainnya yang mencapit, pistol crab memiliki bentuk capit khas yang mampu menembakkan pusaran air berkecepatan tinggi yaitu mencapai 100 km/jam!

Sebelum penembakan, pistol crab membuka capitnya selebar yang dia inginkan. Saat target sudah berada dalam area tembakan, maka dia akan menutup capitnya dengan selang waktu yang luar biasa, kurang dari 1/1000 detik!

Akibatnya, di depan capitnya akan muncul cavitation bubble atau gelembung hampa yang segera kolaps dan menimbulkan gelombang kejut dengan temperatur area di sekitar gelombang kejut sekitar 4.700 derajat celcius!

Dari gelombang kejut itu juga lah akan dihasilkan tembakan air berkekuatan tinggi yang dapat merobohkan mangsanya. Dan hal mengejutkan lainnya rata-rata besar suara pistolnya mencapai 240 desibel, yaitu lebih keras daripada suara pesawat jet!

Liat videonya yuk!


http://anomalibio.blogspot.com/2011/02/awas-pistol-crab.html

1 komentar: