Kamis, 17 Maret 2011

Rekor Menahan Nafas di Dalam Air

Seorang penyelam asal Swiss, Peter Colat berhasil memecahkan rekor baru menahan napas di dalam air. Pemuda berusia 38 tahun ini mampu mencatat waktu 19 menit 21 detik dan mengalahkan rekor sebelumnya yang dimiliki warga Italia, Nicola Putignano dengan selisih 19 detik lebih baik. Sukses ini membawa Colat masuk dalam jajaran pemecah rekor dunia di buku Guinness World Records.



Dalam pemecahan rekor itu Guinness World Records memakai aturan yang dinamakan static apnea. Yaitu mengijikan peserta bernapas dengan oksigen murni selama 10 menit sebelum masuk ke dalam air. "Pada 12 menit pertama, sama sekali tidak ada kendala meskipun saya berada dalam air. Tapi setelah itu, sangat tergantung seberapa kuat Anda menahan napas " kata Colen usai pemecahan rekor yang dilakukan pada sebuah acara holiday fair di Swiss.

Rekor menahan napas di dalam air pertama diukir oleh seorang pesulap, David Blaine tahun 2008 dengan waktu 17 menit 4 detik. Rekor ini memecahkan catatan waktu yang dicetak Colat, yaitu 16 menit 32 detik yang diukirnya pada Oprah Winfrey talk show. Rekor tersebut akhirnya diperbaiki oleh Putignano dan dipecahkan kembali oleh Colat.


David Blaine

Sebuah asosiasi penyelam Inggris menjelaskan, seseorang yang menahan napas dalam air harus dalam kondisi sangat rileks agar tubuhnya tidak banyak mengonsumsi oksigen. Sementara bernapas dengan oksigen murni sebelum usaha memecahkan rekor digunakan untuk meminimalisir hal-hal kritis yang tidak diinginkan selama proses menahan napas.

http://www.metrogaya.com/home/pecahkan-rekor-menahan-napas-dalam-air-selama-19-menit-21-detik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar